Tips Manajemen Waktu dalam Islam – Dengan adanya waktu dan ridha dari Allah tentu kehidupan ini akan terus berjalan dengan baik. Oleh karena itu, Waktu adalah salah satu nikmat Allah yang harus kita syukuri. Waktu ada sejatinya untuk mengantarkan manusia menuju tujuan penciptaan manusia dalam Islam, dan Waktu merupakan sesuatu yang abstrak, tidak dapat ditangkap dengan  indra. Sedangkan pengatur waktu atau masa ialah Allah SWT.

Waktu di Ciptakan oleh Allah SWT agar manusia dapat menghargai setiap hal yang terjadi dan setiap hal yang ia miliki dalam hidupnya. Tentu saja Anda pasti sudah tahu, kita diajarkan agar senantiasa menghargai waktu yang ada dengan rajin melakukan ibadah kepada Allah SWT. Contohnya saat kita menunaikan shalat lima waktu maka kita sudah diajarkan untuk mengelola waktu sebaik mungkin untuk menunaikan shalat.

Namun, setiap manusia pasti seringkali tidak mensyukuri waktu yang telah Allah berikan kepadanya dan seringkali menyia-nyiakan waktu tersebut dengan perbuatan atau kegiatan yang tidak bermanfaat. Jika Anda tidak bisa mengatur waktu dengan baik tentu sangat rugi bukan? Berikut tips manajemen waktu dalam islam agar aktifitasmu tetap produktif.

Tips Manajemen Waktu dalam Islam agar Produktif

Tips manajemen waktu dalam islam

  1. Hilangkan Kebiasaan menunda-nunda

Apakah Anda sering menunda-nunda sesuatu? Mulai dari sekarang jangan lagi ya suka menunda pekerjaan. Karena Perbuatan suka menunda tidaklah baik, namun menunda pekerjaan karena untuk ibadah wajib seperti Shalat, maka hal tersebut diperbolehkan.

  1. Dahulukan yang wajib

Pada dasarnya Allah menyukai orang-orang yang senantiasa bertakwa kepadanya, dan ketakwaan tersebut berada pada perbuatan yang diwajibkan dan diharamkan oleh Allah. Agar menjadi orang yang tidak merugi, maka baiknya kita mendahulukan apa yang menjadi kewajiban bagi kita sebagai umat muslim. Apabila setiap amalan wajib telah terpenuhi, maka kita bisa mengerjakan amalan-amalan sunnah lainnya yang mendatangkan kebaikan.

  1. Bisa Menyelesaikan pekerjaan tepat waktu

Jika Anda sudah menghilangkan kebiasaan menunda-nunda pekerjaan, maka tujuan berikutnya yaitu Dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan tepat waktu dan tidak mengulur-ngulur waktu penyelesaiannya.

Apabila memang tidak bisa diselesaikan bagaimana? Maka ubah strategi penyelesaiannya. Seperti menetapkan target pekerjaan sesuai dengan kemampuan Anda, atau menetapkan penjadwalan untuk 1 pekerjaan dapat diselesaikan berapa menit, atau jam.

  1. Membuat batasan waktu

Bisa mengatur waktu yang ada agar tidak sia-sia, maka sebaiknya buat batasan waktu pada setiap kegiatan yang dilakukan. Semisal Anda ingin belajar maka tetapkan berapa jam waktu yang dihabiskan dalam sehari. Tetapkan memulai, dan waktu untuk selesai belajar.

  1. Meninggalkan Aktivitas yang tidak bermanfaat

Sebagai umat muslim serta sebagai umat manusia kita memang dianjurkan untuk meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat. Semisal menonton film secara berlebihan, bermain game seharian maka kebiasaan seperti itu memang harus kita kurangi kalau bisa ya dihilangkan. Karena masih ada banyak hal yang bermanfaat lainnya yang bisa kita dapatkan dan lakukan.

  1. Membuat jadwal kegiatan

Agar tepat waktu, pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik, serta tidak menunda-nunda pekerjaan. Anda bisa membuat jadwal kegiatan yang runtun dan teratur tentang kegiatan apa yang harus kita lakukan setiap hari.

Semisal Mulai Bekerja Jam 08.00, melakukan persiapan sebelum kerja mulai jam 08.00-08.10, lalu 08.10 – 09.10 menyelesaikan pekerjaan A, jam 09.10 – 10.10 menyelesaikan pekerjaan B dsb.

  1. Bisa mengurangi waktu untuk bersantai-santai

Allah memberikan manusia dengan hasil kehidupan berdasarkan pada usaha hambanya. Apabila ia berusaha dengan keras dan giat, maka Allah akan memberikan hasil yang setimpal dengan perbuatannya.

Apabila seseorang hanya bersantai-santai sepanjang waktu yang ia miliki maka orang tersebut akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan usahanya. Maka jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, maka kurangi waktu untuk bersantai-santai.

  1. Belajar Fokus pada sesuatau yang dicapai

Belajarlah untuk fokus pada sesuatu hal yang menjadi target Anda. Apabila memiliki banyak target dalam hidupnya maka haruslah fokus pada satu hal terlebih dahulu agar waktu yang dimiliki tidak terbuang sia-sia.

  1. Niatlah untuk berubah menjadi lebih baik

Berubah memanglah sulit dilakukan memerlukan proses dan waktu yang lama. Namun jika Anda ingin sukses maka niatkan dalam hati untuk berubah menjadi lebih baik. Jika Anda tidak memiliki keinginan atau niat untuk berubah, maka bagaimana caranya orang tersebut mengatur waktu dan menjalankannya dengan bermanfaat.

  1. Dapat Melangkah Maju & Meninggalkan Masa Lalu

Kegagalan ataupun memiliki masalalu yang buruk wajib kita tinggalkan, jangan terus terjebak dalam masa lalu. Bagi seseorang yang tidak ingin waktunya sia-sia, maka ia harus melangkah maju dan dapat meninggalkan masa lalu.

Itulah Tips Manajemen Waktu dalam Islam agar Waktu Anda gunakan bisa lebih produktif dalam melakukan segala aktifitas sesuai aturan dalam islam. Apakah anda sudah menerapkannya? Buat Anda yang ingin belajar bagaimana caranya mengelola waktu yang tepat bisa mendaftar di Kelas Hijrah Academy dengan memilih Kelas Tips Manajemen Waktu Agar Produktif.

Sumber : 10 Tips Manajamen Waktu Dalam Islam – DalamIslam.com

Leave a Comment