Strategi Digital Marketing 2021 – Sudahkah Anda mempersiapkan perencanaan pemasaran untuk Bisnis Anda tahun ini? Atau sudahkah mengetahui apa sih trends dunia marketing saat ini? Alasan apapun untuk mengetahui Trends di tahun 2021 merupakan hal yang paling penting Anda ketahui.

Trends dunia marketing setiap tahunnya selalu berkembang dan berpengaruh terhadap industri atau bisnis yang sedang Anda lakukan.

Agar dapat bersaing dengan pesaing Anda saat ini maka diperlukan untuk mengikuti tren terbaru mengenai Strategi Digital Marketing 2021. Karena perkembangan teknologi semakin lama semakin berkembang secara cepat, sehingga memerlukan strategi yang tepat untuk mengikuti perkembangan zaman khususnya dalam dunia digital marketing.

STRATEGI DIGITAL MARKETING 2021

Strategi Digital Marketing 2021

Berikut beberapa Strategi Digital Marketing 2021 yang dapat Anda terapkan agar bisa bersaing dengan pesaing Anda.

  1. Artifical Intelligence

Apakah Anda mengenal AI (Artifical Intelligence)? AI merupakan program kecerdasan buatan yang bisa memprediksi pola sifat serta aktifitas konsumen. Pada tahun 2020, AI digunakan oleh mayoritas produk dan layanan software di pasaran. Salah satu contoh teknologi yang mengandalkan AI ialah Chatbot. Selain chatbot ada juga Teknologi lain seperti speech recognition dan automatic content generation yang mengandalkan teknologi AI.

Sedangkan contoh automatic content generation ialah fitur AI Writer yang digunakan oleh Zyro Website Builder. Pada fitur tersebut bisa membuat konten secara otomatis berdasarkan kriteria yang dipilih.

  1. Chatbots

Mungkin sudah tidak familiar lagi dengan kata Chatbots. Chatbots adalah program berbasis artifical intelligence (AI) yang berfungsi untuk melayani live chat dengan konsumen. Program Chatbot diatur sedemikian rupa agar mampu menjawab pertanyaan selayaknya manusia normal.

Teknologi chatbots tentu saja memiliki potensi perkembangan yang besar. Katakanlah menggunakan chatbot akan menguntungkan bagi kedua sisi baik dari Bisnis dan Konsumen. Pada sisi bisnis tidak perlu merekrut tenaga Customer service dalam jumlah yang besar untuk bisa menyediakan fitur live chat. Di sisi lain konsumen dapat menghubungi bisnis kapanpun mereka mau hingga 24 Jam sehari dalam seminggu. Konsumen akan mendapatkan jawaban yang tepat dan cepat.

Penggunaan Chatbot di indonesia sejauh ini mungkin untuk e-commerce belum menerapkannya. Atau Anda sudah mengetahui ecommerce yang menyediakan chatbots? Komen dibawah ya.

  1. Social media stories

Coba sosial media mana yang tidak menyediakan fitur stories? Sosial media populer seperti instagram, facebook hingga snapchat saja sudah memiliki fitur ini. Karena itu fitur ini tentu mengartikan bahwa stories merupakan fitur yang dianggap potensial untuk bidang apapun. Saat ini banyak sekali manfaat yang bisa dinikmati dari stories. Seperti melakukan survei via polling, menggunakan hastag dan location tag, membuat kuis serta mengarahkan pengunjung ke website.

Kaitannya dengan Marketing apa? Nah karena fitur stories media sosial dianggap sangat potensial maka perlu dimanfaatkan sebagai media pemasaran di tahun 2021. Pengaruh stories pun bahkan diterapkan pada platform Youtube serta beberapa Aplikasi lainnya. Banyak juga loh yang menggunakannya sebagai alat pemasaran.

  1. Video Marketing

Sesuai dengan namanya Video marketing merupakan pemasaran yang mengandalkan Video. Walaupun video marketing sudah cukup lama diketahui. Namun eksistensinya dalam marketing hingga tahun 2021 ini populer dilakukan. Coba deh Anda cek konsumsi videeo di perangkat mobile pasti terus meningkat hingga 100% tiap tahunnya.

Jika membahas Video marketing maka platform yang dibicarakan pasti Youtube. Ya gak? Padahal tidak hanya Youtube jika Anda tahu. Bisa juga video marketing menggunakan facebook atau instagram. Bahkan saat ini sudah bisa menggunakan video marketing via Tiktok.

  1. Visual Search

Pernahkah anda menggunakan Google Lens? Coba Anda scan Laptop, atau dompet yang Anda gunakan lalu lakukan pencarian. Gimana hasilnya? Sesuai dengan yang Anda jepret kan? Hal tersebut yang dinamakan Visual Search. Visual search adalah teeknologi yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian berbasis gambar. Walaupun saat ini pencarian masih umum dilakukan lewat keyword ataupun tulisan, potensi visual search juga tidak dianggap remeh.

Lalu kaitannya dengan Marketing apa? Nah penggunaan teknologi visual search ini diperkirakan dapat meningkatkan keuntungan online sebesar 30%. Karena teknologi ini hanya menggunakan objek gambar untuk melakukan pencarian maka tentu produk yang Anda jual pasti akan terdeteksi sehingga bisa ditawarkan oleh konsumen.

  1. Augmented Reality (AR)

Pernahkah anda bermain pokemon GO? Bila iya berarti Anda pernah merasakan teknologi AR ini. Teknologi AR ini mampu menyatukan realita dan dunia digital. Bisa Anda bayangkan potensi yang digunakan pada teknologi ini khususnya dalam peningkatan customer experience seperti apa.

Perkembangan teknologi AR hingga saat ini semakin berkembang pesat. Walaupun saat ini digunakan sebagai alat bermain game saja. Namun ada prediksi di tahun 2022, sekitar 65% perusahaan akan bereksperimen dengan teknologi ini untuk digunakan sebagai cara pemasaran yang baru di dunia bisnis.

  1. Omnichannel Marketing

Omnichannel marketing adalah praktik pemasaran yang mengandalkan banyak platform sekaligus. Di mulai dari Website, akun media sosial, email hingga toko fisik sekalipun. Metode ini dapat membuat Anda menjadi lebih dekat dengan konsumen. Sebab, konsumen akan mudah menemukan brand Anda di platform apapun.

Salah satu contoh penerapan omnichannel marketing di indonesia yaitu Program Mitra Bukalapak. Program ini menyatukan warung-warung tradisional dengan fitur dan layanan bukalapak sehingga menjadikan program offline-to-online yang efektif.

  1. Social Commerce

Social commerce merupakan gabungan dari sosial media dan e-commerce. Artinya Anda bisa melakukan penjualan melalui akun sosial media. Seperti contohnya akun akun instagram yang menjual produk lewat postingan atau Facebook Marketplace.

Jumlah pengguna di tiap platform sosial media menunjukan tren pertumbuhan dari tahun ke tahun. Karena itu mengapa social commerece menjadi salah satu marketing trends yang patut untuk diperhitungkan di tahun 2021.

  1. Content Marketing

Anda masih suka bloging di tahun 2021? Wajib pertahankan ya karena Trends Marketing 2021 masih menggunakan Content Marketing. Buktinya saat ini sekitar 32% masih sering membaca blog dan 70%  pemasaran aktif menggunakan Content Marketing sebagai strategi media pemasaran.

Belum lagi dari Jenis content marketing lain seperti email marketing, video marketing dan podcasting. Namun suksesnya Content Marketing tentu dipengaruhi oleh kualitas kontennya. Selain konten perlu memperhatikan kenyamanan para audiens Anda saat menyajikan konten. Seperti tata letak atau layout blog serta kecepatan website Anda.

Itulah beberapa Tren Terbaru untuk Strategi Digital Marketing 2021 yang mungkin bisa Anda terapkan pada bisnis Anda. Apakah saat ini sudah mulai memikirkanya? Apapun keputusan yang Anda ambil menggunakan Strategi Digital Marketing, pastikan jika itu memang sesuai dengan kebutuhan di Website Anda, atau Toko Online Anda. Jika Anda masih bingung menentukan strategi mana yang dapat Anda pilih. Anda bisa bergabung dengan Kelas Bisnis Pemasaran dari Hijrah Academy.

Anda akan mendapatkan berbagai ilmu mengenai Pemasaran yang pas dan sesuai untuk Bisnis usaha yang Anda lakukan. Serta bagaimana caranya mendapatkan pengunjung lebih banyak datang ke bisnis Anda. Tertarik mencoba Kelas Bisnis Marketing? Daftar Sekarang!

Leave a Comment