Apakah Anda pengusaha hijrah yang baru berkecimpung di pemasaran online?

Maka Anda pasti pernah mendengar istilah SEO dan Google Ads. Keduanya adalah bagian dari digital marketing yang manfaatnya telah banyak dirasakan pelaku usaha. Karena itu, jika Anda ingin serius berjualan secara online, Anda perlu mempelajari seluk beluknya secara detil dalam mempromosikan produk Anda di dunia maya.

Tanpa mengetahuinya secara mendalam, Anda tidak akan tahu mana dari kedua cara ini yang paling efektif untuk menjual produk Anda. Apalagi bila SDM Anda terbatas, tidak mungkin Anda menjalani keduanya secara maksimal. Anda harus memilih, untuk memutuskannya saya akan membantu Anda dengan mengulas kelebihan dan kekurangan keduanya agar Anda yakin metode yang paling cocok untuk menjual produk Anda, apapun itu.

Bagi seorang digital marketer profesional, antara SEO dan Google Ads tidak dapat dipisahkan. Menguasai teknik keduanya merupakan suatu keharusan karena bisa saling melengkapi. Tidak masalah Anda mau menjalankan salah satunya dulu namun suatu saat bisnis Anda sudah stabil, Anda harus menjalaninya secara bersamaan.

Kenapa harus seperti itu? Karena seorang pengusaha hijrah harus berani mencoba berbagai cara pemasaran.

Layaknya anak kecil yang gemar bermain kesana kemari tanpa takut capai atau sakit, begitulah seharusnya perilaku pengusaha hijrah. Modal memang terbatas tapi jangan jadikan itu penghalang untuk bereksperimen menemukan cara marketing yang terbaik untuk produk Anda. Jika kebanyakan berpikir, ujungnya Anda akan terburu-buru memutuskan suatu metode pemasaran online tidak layak pakai, padahal Anda sendiri belum mencoba memulainya.

Ingat, Anda memiliki sesuatu yang sangat berharga di dunia. Apa itu? Yaitu waktu.

Waktu adalah benda paling ekslusif dan semua orang menggenggamnya, namun tidak semua mengerti cara mengoptimalkannya. Yang dibutuhkan di awal untuk menjadi digital marketer adalah komitmen dan tekad kuat untuk menjadi master penjualan. Tanpa penjualan, sebagus apapun produk Anda menjadi sia-sia. Tidak ada yang mengenalinya sehingga manfaat produk Anda pun tidak diketahui, otomatis tidak ada orang yang mau membelinya.

Karena itu, yuk gunakan waktu Anda yang berharga detik ini juga untuk membaca artikel ini sampai habis. Semoga bisa menambah luas cakrawala pengetahuan Anda dalam melejitkan omzet.

Perbandingan SEO dan Google Ads

Jika Anda masih awam, pertama-tama yang harus Anda ketahui adalah SEO membutuhkan waktu cukup lama sebelum website Anda dapat di temukan calon pembeli di mesin pencari Google. Sambil menunggu proses optimalisasi website Anda membuahkan hasil, Anda bisa menggunakan teknik periklanan Google Ads untuk mempromosikan website Anda.

Dengan Google Ads, Anda bisa memangkas waktu jauh lebih cepat dalam mendatangkan pengunjung potensial ke website Anda. Dengan begitu kesempatan terjadi penjualan di dalam website Anda pun terbuka lebar. Asyiknya di Google Ads, Anda bisa membuat iklan yang mengincar audiens sangat tertarget berdasarkan parameter yang Anda tentukan sendiri.

Misalnya berdasarkan target keyword, demografi, usia, gender dan lainnya. Uniknya cara periklanan di Google Ads, jika Anda punya budget lumayan besar, Anda bisa tampilkan website Anda di posisi teratas pada hasil pencarian Google. Tapi kalau budget Anda terlalu kecil, bisa jadi kesempatan Anda tertutup karena kalah oleh pemasang iklan lain yang berbudget lebih besar.

Karena itu jika Anda merasa budgetnya terbatas, ada baiknya mencoba SEO. Search Engine Optimization (SEO), yakni serangkaian teknik untuk membuat pelanggan mudah menemukan website Anda pada hasil pencarian Google.

2 Teknik SEO Paling Sering Dipakai

Anda dapat menggunakan teknik SEO yang umum praktisi internet profesional ada 2 yaitu

  1. On Page SEO

Anda perlu mengoptimalkan keyword melalui meta tag yaitu Title TagMeta Description Tag, dan Img Alt Tag. Namun semakin kesini, menggunakan cara meta tag semata sudah tidak cukup lagi, Anda harus menambah permainan internal link.

  1. Off Page SEO

Jika meta tag telah teroptimalisasi namun belum bisa membuat website Anda naik ke urutan terbaik dalam hasil pencarian Google, maka Anda harus lanjut ke Off Page SEO. Sesuai namanya, adalah upaya optimalisasi di luar halaman website yang biasanya dengan membangun backlink sebanyak mungkin untuk menaikkan rating websit

Semakin banyaknya pemasar menggunakan Off Page SEO, Google pun mengubah algoritmanya dengan menjadikannya lebih kompleks. Pemasar kini harus memperhatikan konten dengan cara menyusun konten sesuai dengan kaidah SEO.

Lebih Baik SEO atau Google Ads?

Menurut saya, pengusaha hijrah yang ingin serius menjadi pelaku bisnis online harus menerapkan keduanya.

Mengapa? Karena Google Ads akan membantu di masa awal bisnis online jika Anda ingin website Anda di kenal luas calon pembeli, dimanapun mereka berada. Dengan Google Ads, website Anda bisa mendapatkan promosi secara tepat dan instan. Sedangkan SEO membutuhkan waktu setidaknya 3 hingga 6 bulan untuk membuahkan hasil. Itupun harus terus di perbaiki sampai mendapatkan hasil yang mapan dan bertahan lama untuk jangka panjang.

Selama upaya SEO belum berhasil, Google Ads akan membantu mendatangkan pengunjung ke website secara terus menerus. Untuk itu Anda perlu memperhatikan tampilan website Anda, karena website Andalah yang akan meyakinkan para pengunjung agar mereka terkonversi menjadi pembeli. Isi website harus mudah di mengerti, jelas tujuannya dan detil manfaat produknya dalam memecahkan masalah pengunjung.

Jangan gunakan Google Ads jika website Anda masih berantakan dan membuat pengunjung bingung. Saya selalu mengatakan, coba posisikan diri Anda sebagai pengunjung website yang awam. Jika Anda masuk pertama kalinya ke website Anda, apakah Anda langsung mengerti dan mau melakukan transaksi lebih lanjut?

Google Ads

Sekali lagi saya ingatkan, berpromosi di Google Ads itu Anda harus membayar.

Jadi setiap pengunjung harus Anda perhatikan serius karena mereka adalah prospek yang memiliki uang untuk membeli produk Anda. Tinggal Anda meyakinkan mareka, karena itu website Anda harus mampu menjaga minat mereka sampai melakukan pembelian produk Anda.

Sampai di sini jika Anda merasa perlu pengetahuan lebih dalam lagi, Anda dapat belajar di Kelas SEO dan Google Ads di www.HijrahAcademy.com. Di buat menggunakan bahasa pengusaha sehingga Anda mudah mengerti dan bisa segera Anda terapkan di bisnis Anda, apapun produk Anda.

Akhir kata, SEO memang lama memetik hasilnya, namun Anda bisa mengandalkannya karena akan bertengger di hasil pencarian Google untuk waktu yang sangat lama. Sedangkan Google Ads adalah cara cepat yang hasilnya bisa di petik secara instan. Terapkan keduanya dan Anda akan rasakan perubahan yang maksimal terjadi pada bisnis Anda.