Personal branding untuk Bisnis – saat memulai bisnis, khususnya pada bisnis UMKM Online atau Offline sering kali orang hanya berfokus untuk mempersiapkan modal, materi dan teknik manajemen dalam mengelola bisnisnya nanti. Padahal selain itu ada yang lebih penting yang wajib dipersiapkan. Apakah itu? Yaps, betul sekali Personal Branding atau yang biasa dikenal dengan mempromosikan diri sendiri.

Personal branding sangatlah penting dilakukan bagi penguasa baru apa lagi pengusaha UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) agar merk dagangnya cepat dikenal oleh konsumen. Namun masih banyak juga pengusaha yang belum memahami pentingnya personal branding untuk bisnis usahanya.

Berikut beberapa alasan yang perlu pengusaha baru tahu mengenai Personal Branding. Sebelum itu yuk kita pahami dulu Apa itu Personal Branding?

Personal Branding untuk bisnis UMKM

Personal Branding untuk Bisnis, Apa itu?

Personal branding secara umum merupakan suatu upaya atau cara mempromosikan diri, karir dan pencapaian seseorang sebagai sebuah merek. Atau merupakan proses mengembangkan dan mempertahankan reputasi dan kesan individu.

Bagi dunia bisnis Online atau offline personal branding memiliki arti penting yaitu dalam membangun Brand Awareness terhadap produk usaha/bisnis. Bagi bisnis online ada beberapa manfaat personal branding terhadap bisnis online. Manfaat diantaranya yaitu :

Manfaat Personal Branding untuk Bisnis

 

1. Membuat Lebih Percaya Diri

Jika anda sudah melakukan personal branding tentunya akan meningkatkan kepercayaan diri dalam memiliki sebuah Bisnis usaha. Hal ini semacam identitas yang bisa anda banggakan dan bisa diperkenalkan orang-orang sekitarmu. Riset mengatakan pebisnis yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi, biasanya relatif lebih produktif dibanding pebisnis yang kurang percaya diri. Selain itu juga saat bertemu dengan klien atau konsumen biasanya akan memiliki kesempatan lebih besar untuk meyakinkan calon konsumen.

Jadi apakah kamu sudah siap melakukannya?

2. Mudah membangun Network (Jaringan)

Networking atau membangun sebuah jaringan di dunia bisnis apalagi bisnis secara Online sangat penting dilakukan. Jika Anda melakukan Personal Branding maka akan sangat memudahkan dalam menjalin kerjasama antar Supplier, Produsen, Pemilik Modal dll.

Maka dari itu jika anda tidak melakukan personal branding dengan baik tentu akan sulit menemukan partner bisnis yang bersedia menjalin kerjasama dengan anda. Sebaliknya apabilla calon pebisnis sudah memiliki personal branding yang bagus, akan sangat mudah menemukan mitra untuk mengembangkan bisnis usahanya.

3. Mudah mendapatkan Konsumen

Jika anda sudah memiliki reputasi baik dimata konsumen, dan menjelaskan berbagai hal positif mengenai bisnis UMKM anda. Secara tidak langsung konsumen akan lebih percaya dengan bisnis UMKM anda.

Saat ini persaingan dalam dunia bisnis online sangatlah ketat. Maka kita perlu mempunyai strategi untuk mendapatkan calon konsumen. Salah satu manfaat dari Personal Branding ialah mudah mendapatkan konsumen.

Karena itu strategi yang dapat dilakukan ialah miliki Personal Branding yang baik. Agar mampu bersaing dengan bisnis online lain, Anda harus memiliki nilai lebih yang akan membuat konsumen lebih memilih Bisnis online anda dibanding pebisnis lainnya.

Makanya sangat penting buat anda saat melakukan personal branding untuk menjelaskan nilai-nilai positif serta reputasi bisnis UMKM anda pada calon konsumen.

4. Memiliki Authenticity (Keaslian)

Pebisnis yang berhasil membangun personal branding akan terlihat ia telah memiliki keaslian (authenticity) terhadap bidang atau bisnis yang sedang dijalankan.

Sebagai contoh pebisnis UMKM yang menjual produk Kripik Buah yang sudah membangun citra dirinya dengan memiliki sertifikat penghargaan dan banyak konsumen yang suka membeli produknya. Maka image tersebut akan melekat pada  dirinya sebagai pebisnis yang sukses dapat menganalisa peluang usaha yang pintar dengan mengembangkan variasi produk makanan baru.

Itulah manfaat melakukan Personal Branding untuk Bisnis UMKM. Lalu bagaimana cara membangun Personal Branding? Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membangun Personal Branding!

Cara Membangun Personal Branding untuk Bisnis

Ada beberapa Cara yang dapa dilakukan dalam membangun personal branding

1. Bagikan Konten terkait bisnis, atau bidang yang dijalani

Hal tersebut dilakukan untuk memperlihatkan spesialisasi bidang yang Anda kuasai. Tunjukan visi dan misi positif bidang Anda. Jangan lupa untuk menonjolkan juga pencapaian yang pernah anda capai.

2. Meningkatkan interaksi sosial anda secara Online

Jangan lupa untuk mensapa dan memberikan apresiasi kepada target anda. Aktiflah dengan memberikan komentar positif pada konten-konten yang telah dibagikan para profesional di bidangnya masing-masing. Usahakan untuk memancing diskusi lebih lanjut disetiap postingan yang sudah dibuat dan dibagikan. Hal tersebut menunjukan bagaimana sikap anda berinteraksi dengan baik dengan publik.

3. Konsisten dengan nama yang digunakan

Tetapkan nama yang jelas, singkat dan asli secara konsisten. Anda tidak inginkan membuat bingung orang-orang (audiens) yang ingin melakukan pencarian terhadap nama bisnis usaha anda?

4. Bikin konten website sesuai dengan keahlian anda

Topik yang relevan dengan keahlian anda serta memiliki kredibilitas yang baik maka akan menjadi nilai Plus dimata Audiens. Kepercayaan audiens terhadap kemampuan yang anda miliki pastinya bisa meningkat.

Jadi Penting tidak Personal Branding?

Memiliki Personal Branding memang sangat penting dilakukan apalagi bagi pebisnis UMKM. Yuk mulai dari sekarang buat Anda yang belum memiliki Personal Branding segera difikirkan ya untuk membuatnya!

Jika anda masih bingung bagaimana cara memulai melakukan Personal Branding. Anda dapat bergabung dengan di Kelas Hijrah Academy dengan memilih Kelas Personal Branding untuk UMKM.

 

The following two tabs change content below.

Leave a Comment