Pemasaaran Secara Online – Di era modern saat ini, melakukan pemasaran bisa dilakukan secara online atau dengan metode digital marketing. Melakukan pemasaran secara online sangat efektif dilakukan untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Anda hanya memerlukan modal koneksi internet serta memiliki komputer dan paham dengan Komputer agar Anda bisa menjangkau seluruh dunia. Lalu bagaimana menjangkau seluruh konsumen di dunia? Untuk melakukannya diperlukan strategi yang pas agar tercapainya suatu target sasaran yang di inginkan.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai digital marketing atau Pemasaran Online ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai pemasaran yang dilakukan secara online.

Mengapa melakukan Pemasaran secara Online?

Sederhananya pemasaran online atau sering disebut sebagai digital marketing dapat diartikan sebagai pemasaran yang memanfaatkan teknologi berupa Internet. Untuk menjangkau audiens atau konsumen perlu dilakukan dengan memanfaatkan sosial media, email, website bahkan bisa juga AR (Augmented Reality). Hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan Iklan berbayar (Google Ads, Facebook Ads, Youtube Ads, dll), membagikan konten yang berkualitas atau sekedar postingan melalui media sosial (Instagram, LinkedIn, Facebook, dll).

Adapaun beberapa Jenis Pemasaran Online yang bisa Anda terapkan pada bidang usaha yang saat ini sedang Anda lakukan. Berikut Jenis Pemasaran Secara Online yang efektif untuk menjangkau konsumen.

1. Social Media Marketing (SMM)

Pengguna social media di indonesia menurut data We are Social Indonesia menempati posisi ke 10 besar negara aktif yang kecanduan menggunakan media sosial.

Laporan pengguna digital 2021

Oleh karena itu melakukan pemasaran secara Online dengan Social Media sangatlah efektif untuk digunakan dalam pemasaran online. Anda yang ingin melakukan pemasaran online dapat mengunggah katalog ataupun deskripsi secara singkat mengenai produk yang akan di pasarkan. Pada umumnya sosial media yang biasa digunakan untuk Social media marketing yaitu Instagram, Facebook, Twitter, path dan aplikasi lainnya.

2. Email Marketing (EM)

Email yang biasa digunakan untuk menerima, mengirim pesan secara elektronik. Saat ini juga bisa dijadikan salah satu metode Strategi Marketing. Email marketing menjadi salah satu jenis pemasaran online yang dapat diakses secara online. Caranya juga sangat mudah, Anda cukup mengirimkan pesan pada email konsumen yang Anda miliki. Isi emailnya pun bisa berupa Promo, Penawaran Produk, diskon, penawaran membership dan lain sebagainya.

3. Iklan (Ads)

Google Ads atau Google Adwords digunakan sebagai pemasaran online yang sangat efektif dilakukan. Selain google ads, adapun media iklan online lain seperti Facebook Ads, Youtube Ads, Instagram Ads, Shoppe Ads dsb. Menggunakan iklan online inipun sangat mudah dilakukan, Anda cukup menempatkan iklan pada mesin pencarian google, atau pada iklan yang anda gunakan.

Jika menggunakan Google Ads, apabila anda menggunakan metode pengiklanan online ini profil dari produk yang anda iklankan akan diatur sedemikian rupa untuk menempati urutan pertama pada mesin pencarian google. Manfaat menggunakan media iklan online ini yaitu kemudahan dalam penargetan iklan baik itu berdasarkan keyword, lokasi iklan, usia, bahasa, dan analisa jangkauan pasar.

4. Search Engine Optimization (SEO)

Apakah Anda memiliki Website? Search Engine Optimization (SEO) sangat penting untuk Anda lakukan. SEO menjadi salah satu jenis pemasaran online yang dilakukan dengan cara mengoptimalkan sebuah website perusahaan atau pelaku usaha. Website juga menjadi salah satu media untuk memasarkan produk yang sangat efektif digunakan.

Pada website tentunya memerlukan konten yang menjelaskan mengenai deskripsi produk baik secara umum ataupun detail. Menggunakan SEO sebagai media untuk melakukan promosi memerlukan konten yang relevan dan informatif agar dapat mencapai hasil pencarian di google di nomor teratas.

Baca juga : Perbedaan Pemasaran Online dan Offline untuk Target Bisnis

5. Search Engine Marketing (SEM)

SEM merupakan salah satu strategi yang memanfaatkan mesin pencari untuk mendapatkan banyak konsumen. SEM berbeda dengan SEO, yang dimana jika Anda menggunakan SEM maka akan memungkinkan bagi Anda menduduki peringkat teratas dari hasil pencarian. Namun untuk menggunakan SEM sebagai strategi pemasaran online membutuhkan biaya yang sangat mempengaruhi kata kunci yang ingin Anda targetkan.

6. Influencer Marketing

Pernah mendengar Paid Promote? Paid Promote bisa dikatakan sebagai Influencer Marketing yang dimana seorang Influencer memiliki pengaruh penting pada media sosial dengan jumlah pengikut yang banyak. Karena itu, sebagian besar pelaku bisnis akan merekrut atau bekerja sama dengan influencer yang cukup berpengaruh dan memiliki pengikut yang banyak untuk mempromosikan produknya. Biasanya para influencer marketing akan menggunakan media sosial maupun iklan di website, youtube, ataupun instagram bahkan mungkin saat ini merambah ke Aplikasi Tiktok.

7. Whatsapp Marketing

Siapa yang tidak kenal dengan whatsapp, sebagai platform chat terpopuler hingga saat ini masih banyak yang menggunakannya. Whatsapp saat ini tidak hanya digunakan sebagai aplikasi chat tetapi apabila Anda bisa memanfaatkan whatsapp dengan baik, bisa juga digunakan untuk media promosi atau penjualan. Anda bisa menggunakan WA Blast untuk media promosi secara online. WA blast merupakan aplikasi pengirim pesan whatsapp secara massal tanpa harus menyimpan nomor di kontak Anda. Walaupun tidak secara resmi dari Whatsapp namun Whatsapp blast memiliki keunggulan yang tidak dimiliki whatsapp broadcast.

Saat ini hampir seluruh pelaku bisnis menggunakan media pemasaran online / digital marketing. Buat anda yang ingin mencoba melakukan pemasaran secara online dan memahami bagaimana melakukannya. Anda dapat bergabung dengan Kelas Digital Marketing dari Hijrah Academy

The following two tabs change content below.

Leave a Comment