Jenis Afiliasi Pemasaran – Apakah anda ingin expert dibidang Afiliasi Pemasaran atau marketing? Sebelum kita membahas mengenai Afiliasi mari kita pahami dulu apa itu Afiliasi Pemasaran?

Afiliasi merupakan suatu pekerjaan dimana anda akan mendapat komisi jika berhasil dan sukses untuk membuat konsumen membeli produk atau barang yang anda jual.Besaran komisi yang  berhasil anda dapat menyesuaikan kebijakan dari perusahaan yang menyediakan produk atau barang tersebut.

Dalam sistem afiliasi terdapat tiga pihak yang terlibat.Pertama adalah pihak produsen atau pemilik produk.Kedua adalah afiliator atau orang yang mengikuti program afiliasi. Serta yang terakhir adalah konsumen yaitu orang yang menggunakan produk dari produsen

Cara kerja program afiliasi terbagi menjadi empat tahapan. Pertama dengan mendaftarkan diri untuk mengikuti program afiliasi dari perusahaan yang menyediakan pekerjaan tersebut.Kedua melakukan promosi produk dari perusahaan tersebut.Ketiga konsumen mendapatkan kode referral dari afiliasi. Terakhir adalah konsumen akan mendapatkan komisi hasil penjualan produk yang telah dilakukan.

Jenis afiliasi Pemasaran calon marketing wajib tahu

Keuntungan dari Program Afiliasi

Ada beberapa keuntungan program afiliasi yang harus kalian ketahui diantaranya yaitu :

  • Kerja dari rumah (work from home)
  • Modal kecil
  • Mendapatkan penghasilan pasif
  • Waktu kerja fleksibel

Setelah anda tahu tentang pengertian dan keuntungan dari afiliasi, saatnya kita bahas 5 jenis afiliasi yang harus kamu ketahui, sebagai berikut :

5 Jenis Afiliasi Pemasaran

 

1. Program Afiliasi Pay Per Sale (PPS)

Program afiliasi ini biasanya memungkinkan anda untuk dapat melakukan pemasaran secara online dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang dilakukan. Anda akan mendapatkan komisi dari bisnis afiliasi ini sekitar 35% dari setiap hasil penjualan produk.

Dalam kasus ini anda juga harus dapat memasang target untuk mendapatkan hasil penjualan yang maksimal. Afiliasi jenis pay per sale ini berupa program menjadi reseller yang memiliki kemampuan untuk mengarahkan dan berkomunikasi dengan baik untuk mempromosikan kepada pelanggan. contoh dari jenis afiliasi ini seperti lazada, dll

2. Program Afiliasi Cost Per Action (CPA)

Program Afiliasi ini memiliki kemudahan dari pada Pay Per Sales (PPS). Di dalam program ini anda tetap harus memasarkan  produk dengan metode berbagi halaman tautan.

Cost Per Action (CPA) biasanya menawarkan komisi yang lebih tinggi. Umumnya, jenis “biaya per penjualan” dan “biaya per pemasangan” menawarkan komisi yang lebih tinggi karena CPA memiliki rasio konversi penjualan yang lebih tinggi dan sejalan dengan sasaran periklanan

Afiliasi Cost per Action memiliki contoh seperti ketika anda tergabung sebagai affiliate marketing dari suatu situs penyedia jasa pariwisata. Maka dengan begitu anda akan membagikan tautan dari akun anda agar orang lain dapat melakukan pemesanan melewati tautan yang anda bagikan. Setelah sesuai dengan pemesanan yang di lakukan maka selanjutnya anda akan mendapat komisi dari perusahaan tersebut

3.Program Afiliasi Pay Per Click (PPC)

Program Afiliasi Pemasaran jenis ini akan menjadi favorit para pengguna blogger karena untuk mendapatkan keuntungan dengan melalui google adsense. Program ini merupakan afiliasi sederhana yang di mulai ketika blog anda di tautkan dengan link dari halaman perusahaan afiliasi tersebut  dan ketika di klik yang di lakukan oleh pengunjung blog anda maka anda akan mendapatkan komisi. Ini dapat membuktikan bahwa afiliasi sangatlah menguntungkan dengan model bisnis yang sangat mudah.

Cara kerja afiliasi Pay Per Click (PPC) ini adalah vendor akan membayar afiliasi mereka untuk setiap klik yang dihasilkan dari blog/web yang memasang iklan. Jenis ini memiliki contoh seperti penyedia iklan untuk Blog/web seperti Adsense, media net, dan lain-lain.

Jadi advertiser akan membayar kepada pemilik blog/web yang memasang banner atau text link yang mengarah pada halaman website mereka apabila diklik oleh pengunjung.

4.Program Afiliasi Pay Per Performance (PPP)

Dari artinya saja kita sudah memahami bahwa jenis afiliasi ini akan membayar kita apabila terjadi pembelian produk dari link yang kita referensikan.

Pay Per Performance (PPP) menjadi favorit para vendor untuk saat ini. Karena memang sistem ini sangat menguntungkan perusahaan yang sedang menjual produk

5.Program Afiliasi Paid To Click (PTC)

Program jenis ini memperkuat afiliasi Paid to Click sebagai model bisnis termudah yang dapat di lakukan oleh semua orang. Karena program ini akan memberikan komisi dari setiap klik yang anda lakukan sendiri pada blog atau tautan yang anda bagikan. Akan tetapi anda harus rajin melakukannya maka keuntungan menarik akan didapatkan.

Itulah beberapa Jenis Afiliasi Pemasaran bagi calon marketing. Buat anda yang ingin mengetahui apa saja bisnis usaha yang cocok untuk jenis afiliasi pemasaran yang anda inginkan dapat bergabung bersama kelas Pemasaran di Hijrah Academy.

The following two tabs change content below.

Leave a Comment