Cara memulai bisnis usaha – Di masa sulit seperti saat ini memang kita harus lebih kreatif agar bisa memulihkan perekoniman di masa pandemi. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk memulihkan perekonomian salah saatunya dengan Cara Memulai Bisnis Usaha di Masa Pandemi 2021. Pada saat pandemi tahun lalu ada banyak sekali yang membuka bisnis usaha baru dengan memanfaatkan kondisi pandemi saat itu. Ada yang mulai membuka bisnis Masker Kain, menjual Handsanitizer, ada yang menggunakan modal yang tidak sedikit ada juga yang membuka bisnis tanpa adanya modal.

Memulai bisnis usaha tanpa ada modal kedengarannya indah ya. Namun, seperti yang sudah disebutkan tadi, bukan berarti untuk memulai bangun bisnis usaha Anda harus selalu mengeluarkan dana yang cukup besar.

Di era digital saat ini, Anda sangat beruntung bisa memulai bisnis tanpa modal sama sekali. Tentu saja ini bisa menjadi solusi buat Anda yang ingin memulai Bisnis tanpa modal. Selain itu Anda perlu tahu, Kunci terpenting untuk memulai bisnis usaha ialah dari memanfaatkan Sumber daya yang ada saat ini, termasuk diri anda sendiri.

Kali ini kami akan memberikan beberapa Tips Cara memulai bisnis usaha tanpa modal di masa pandemi.

Cara Memulai Bisnis Usaha Tanpa Modal saat Pandemi

Jika anda bercita-cita menjadi wirausahawan dan tidak memiliki modal mungkin cara ini bisa Anda lakukan.

  1. Manfaatkan yang Anda Miliki

Dalam menjalankan sebuah bisnis tentu Anda harus tahu bagaimana caranya Anda memanfaatkan sumber daya yang tersedia saat ini. Mulailah untuk mengenali diri anda sendiri agar bisa menjawab pertanyaan berikut :

  • Bidang apa yang Anda Kuasai?
  • Apa saja keahlian Anda?
  • Apakah Anda memiliki minat tertentu terhadap bidang usaha?
  • Aset apa saja yang anda miliki saat ini? Dsb

Selain itu dengan mengandalkan berbagai kompetensi dasar (basic skill) saja Sudah bisa menjadi bekal untuk cara memulai bisnis tanpa modal sepeserpun. Memanfaatkan laptop dan internet juga bisa ko sebagai alat bantu atau aset modal anda.

Jika Anda paham dengan diri anda pasti ada banyak hal yang bisa Anda manfaatkan. Contohnya jika Anda bisa desain grafis maka bisa memanfaatkan komputer dan internet serta kemampuan desain grafis untuk menjual hasil desain Anda di internet.

  1. Pertahankan Pekerjaan Saat ini

Berhenti dari pekerjaan saat ini demi mengejar hasrat memulai Bisnis memang menjanjikan. Namun kenyataannya hal itu bukan sebagai solusi terbaik dilakukan. Jika Anda ingin sukses dalam berbisnis memang tidak boleh takut mengambil risiko tapi harus tetap realistis.

Langkah paling tepat yang bisa Anda lakukan ialah dengan cara membangun bisnis saat masih bekerja. Sebab, pekerjaan Anda saat ini akan memberikan keamanan untuk memperoleh penghasilan yang stabil, sekaligus menjadi solusi saat bisnis Anda sedang mengalami penurunan.

Setidaknya dengan penghasilan yang tetap, rasa khawatir bisa berkurang apabila ingin melakukan berbagai aksi penting dalam bisnis.  Semisal melakukan berbagai jenis promosi di media sosial dan sebagainya.

  1. Rela Bersusah Payah

Memulai usaha tanpa modal memang persaingan bisnis nanti akan semakin ketat. Karena itu demi menghemat biaya, Anda harus rela melakukan semuanya sendiri. Mulai dari berhadapan dengan Klien, mengirimkan Produk, atau mungkin menyebarkan selebaran brosur diberbagai tempat umum untuk menarik pelanggan.

Menjalani bisnis sendiri sudah pasti akan melelahkan bukan? Namun tenang saja semua hasil jerih payah Anda akan terbayar nantinya.

  1. Manfaatkan Platform Online

Saat ini ada banyak sekali platform online yang dapat dimanfaatkan oleh pebisnis baru. Banyak cara untuk memulai bisnis online tanpa adanya modal, salah satunya ialah dengan membangun website.

Kenapa website? Karena Anda akan semakin mudah memperkenalkan layanan bisnis secara praktis, sekaligus memudahkan pelanggan untuk menjangkau bisnis Anda. Berikut beberapa keuntungan memiliki Website Bisnis :

  • Hemat Biaya – Biaya yang dikeluarkan untuk toko offline memang sangat besar namun Tidak untuk Toko Online.
  • Bisnis Buka 24 Jam – Sistem Online pada website membuat bisnis Anda otomatis bisa diakses 24 Jam Non-Stop.
  • Brosur Online – Lebih mudah dalam menyebarkan informasi melalui mesin pencari, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mencetak brosur.
  • Mendapatkan ide baru – Website bisa difungsikan sebagai wadah dalam mencoba berbagai Ide Baru dan menunggu respon pelanggan secara efektif.
  • Media Etalase Produk atau Jasa – Dengan website Anda bisa memanfaatkan sebagai etalase Produk dan Jasa milik Anda secara leluasa.
  1. Crowdfunding

Apakah Anda tahu Crowdfunding? Crowdfunding merupakan salah satu bentuk pendanaan usaha yang berasal dari beberapa pemilik modal. Modal yang terkumpul nanti akan diberikan kepada pelaku bisnis untuk menunjang perjalanan bisnis.

Baca Juga : 10+ Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil di Bulan Puasa 

Pelaku bisnis yang bisa mendapatkan Crowdfunding adalah pebisnis yang mendaftar di website crowdfunding seperti Kolase.com, Akseleran, Kitabisa.com, Ayopeduli.id dll. Siapapun yang tertarik dengan usaha tersebut dan setuju dengan syarat dan ketentuan yang dilampirkan bisa langsung menanamkan modal di sana.

Leave a Comment